Selasa, 27 Agustus 2013

Sastra,Puisi dan Silsafat

Penulis awal seperti Beda dan Alcuin menulis karya-karyanya dalam bahasa Latin.[253] Periode sastra Inggris Kuno menghasilkan karya puisi epik Beowulf dan prosa sekuler Anglo-Saxon Chronicle,[254] serta tulisan-tulisan Kristen seperti Judith, karya CædmonHymn dan hagiografi.[253] Setelah penaklukan Norman,sastra Latin mulai berkembang, terutama di antara kelas-atas terdidik.
Sastra Inggris Pertengahan yang terkemuka diwakili oleh Geoffrey Chaucer, penulis The Canterbury Tales, bersama dengan GowerPenyair Pearl dan Langland.William dari Ockham dan Roger Bacon, yang merupakan seorang Fransiskan, adalah filsuf utama yang muncul dari dari Abad Pertengahan. Julian dari Norwich, yang menulis Revelations of Divine Love, adalah seorang mistikus Kristen terkemuka. Kemunculan sastra Inggris pencerahan pada periode Modern Awal juga menghasilkan beberapa penyair dan filsuf terkemuka. Salah satunya adalah William Shakespeare, dengan karya-karyanya seperti HamletRomeo and Juliet,Macbeth, dan A Midsummer Night's Dream.[255]
Christopher MarloweEdmund SpenserPhilip SydneyThomas KydJohn Donne, dan Ben Jonson adalah penulis terkemuka yang berasal dari era Elizabethan.[256] Francis Bacon dan Thomas Hobbes, memelopori gaya penulisan empirisme dan materialisme, termasuk metode ilmiah dan kontrak sosial.[256] Filmermenulis tentang Divine Right of KingsMarvell adalah penyair terkemuka yang muncul dari era Persemakmuran,[257] sedangkan John Milton menulis Paradise Lost selama era Restorasi.
Beberapa filsuf yang paling menonjol dari era Pencerahan adalah John LockeThomas PaineSamuel Johnson dan Jeremy Bentham. Elemen yang lebih radikal kemudian dipelopori oleh Edmund Burke yang dianggap sebagai pendiri konservatisme.[258] Penyair Alexander Pope dengan ayat satir nya yang sangat dihormati. Bangsa Inggris memainkan peran penting dalam perkembangan romantisismeSamuel Taylor ColeridgeLord ByronJohn KeatsMary ShelleyPercy Bysshe ShelleyWilliam Blake, dan William Wordsworth adalah tokoh utamanya.[259]
Sebagai tanggapan terhadap Revolusi Industri, penulis agraria muncul dengan topik-topik kebebasan dan tradisionalis; William CobbettG. K. Chesterton and Hilaire Belloc adalah pelopor utamanya, sedangkan pendiri serikat sosialisme, Arthur Penty, dan gerakan koperasi advokat G. D. H. Cole adalah beberapa tokoh yang juga berkaitan.[260] Empirisme terus berlanjut dengan munculnya penulis dan penyair seperti John Stuart Mill dan Bertrand Russell, dan Bernard Williams, yang mengembangkan gaya analitikal. Penulis terkemuka dari era Victoria antara lain Charles DickensBrontë bersaudariJane AustenGeorge EliotRudyard KiplingThomas HardyH. G. WellsLewis Carroll dan Evelyn Underhill.[261] Hingga saat ini, Inggris terus memproduksi novelis-novelis terkemuka seperti C. S. LewisGeorge OrwellD. H. LawrenceVirginia WoolfEnid BlytonAldous HuxleyAgatha ChristieTerry PratchettJ. R. R. Tolkien, dan J. K. Rowling.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar