Senin, 15 Oktober 2012

penyebab rambut rontok&cara mencegahnya


Fakta Menarik Tentang Rambut, dan Rambut Rontok
  • Rambut adalah jaringan yang tumbuh paling cepat kedua di dalam tubuh, setelah sumsum tulang.
  • Kulit kepala rata-rata mengandung sekitar 100.000 rambut.
  • Sekitar 100 helai rambut yang rontok dari kepala Anda setiap hari.
  • Rata – rata tiap rambut seseorang bertahan selama 4 – 7 tahun, selama waktu itu tumbuh sekitar setengah inci per bulan.
  • Anda perlu menurunkan sekitar 50% dari rambut Anda sebelum rambut rontok menjadi terlihat.
  • Di Amerika Serikat, 30 juta wanita mengalami kerontokan rambut turun-temurun.70% wanita dengan rambut menipis dapat menghubungkannya dengan rambut rontok turun-temurun.
  • Rambut rontok turun-temurun atau androgenetic alopecia, paling sering dialami oleh pria, 95% kasus ini terjadi pada pria.
  • Androgenetic alopecia banyak terjadi pada pria dari pada wanita. Sekitar dua pertiga pria mengalami beberapa tingkat kerontokan rambut yang cukup pada saat usia mereka 35 tahun, dan sekitar 85% secara signifikan penipisan rambut pada usia 50.
Penyebab Paling Umum Dari Rambut Rontok
Penyebab paling umum dari rambut rontok adalah genetic, mewarisi kecenderungan untuk kehilangan rambut dari salah satu atau kedua orang tua. Istilah medis untuk predisposisi genetik untuk rambut rontok adalah “androgenetic alopecia”.
Dalam androgenetic alopecia, gen mempengaruhi bagaimana rambut tumbuh. Mereka memicu kepekaan terhadap kelas hormon yang disebut androgen, termasuk testosteron, yang menyebabkan folikel rambut (tempat tumbuhnya rambut ) menyusut. Folikel yang menyusut menghasilkan rambut lebih tipis dan akhirnya tidak sama sekali. Dengan demikian, androgenetic alopecia disebabkan oleh kegagalan tubuh untuk memproduksi rambut baru dan bukan karena  rambut rontok berlebihan. Keturunan juga mempengaruhi usia di mana Anda mulai kehilangan rambut dan kecepatan perkembangan, pola dan tingkat kebotakan Anda.
Androgenetic alopecia menyumbang lebih dari 95% kerontokan rambut pada pria. Pada usia 35 dua pertiga dari pria Amerika akan mengalami beberapa tingkat kerontokan rambut yang cukup dan pada usia 50 sekitar 85% laki-laki telah secara signifikan mengalami penipisan rambut.
Pria umumnya mengalami kebotakan pada daerah dahi atau di atas kepala. Pada pria, rambut di atas kepala memiliki kepekaan genetik pada testosteron hormon laki-laki sedangkan rambut di bagian samping dan belakang kepala tidak memiliki sifat genetik ini dan karena itu tidak terpengaruh. Untuk alasan ini rambut diambil dari bagian sisi dan belakang (rambut donor) untuk  mempertahankan kecenderungan genetik mereka ketika ditransplantasikan dan terus berkembang ketika pindah ke bagian atas kepala di mana rambut rontok telah terjadi.
Bagi seorang wanita, kebotakan pola wanita adalah jenis yang paling umum kehilangan rambut. Hal ini dapat dimulai pada masa pubertas, tetapi paling sering terlihat setelah menopause. Wanita mengalami keseluruhan penipisan rambut di seluruh kulit kepala sedangkan rambut frontal umumnya tetap utuh.
Penyebab Lain Rambut Rontok Dan Faktor Risiko
Rambut rontok bukan disebabkan oleh suatu penyakit, tetapi berhubungan dengan penuaan, faktor keturunan dan testosterone. Selain pola pria dan wanita serta kombinasi dari faktor-faktor tersebut, kemungkinan penyebab lain rambut rontok, terutama jika dalam pola yang tidak biasa, meliputi:
  • Efek samping dari obat atau perawatan medis. Obat-obatan tertentu yang digunakan untuk mengobati encok, radang sendi, depresi, masalah jantung dan tekanan darah tinggi dapat menyebabkan kerontokan rambut pada beberapa orang. Obat yang dapat menyebabkan rambut rontok meliputi :
    • obat penurun kolesterol: clofibrate, gemfibrozil
    • obat parkinson: levodopa
    • obat ulkus: cimetidine, ranitidine
    • antikoagulan: kumarin, heparin
    • obat untuk asam urat: allopurinol
    • antiarthritics: penisilamin, auranofin, indometasin, naproxen, sulindac, metotreksat
    • obat yang berasal dari vitamin-A: isotretinoin, etretinate
    • antikonvulsan: trimethadione
    • antidepresan: tricyclics, amfetamin
    • beta blocker: atenolol, metoprolol, nadolol, propanolol
    • antitiroid agen: carbimazole, Yodium, tiosianat, thiouracil
  • Stres tertunda. Bentuk umum kehilangan rambut terjadi dua sampai tiga bulan setelah tubuh anda stress. Stres menyebabkan proporsi yang tinggi dari folikel rambut memasuki tahap istirahat semua pada waktu yang sama. Beberapa bulan kemudian, setelah istirahat dalam waktu yang cukup lama, folikel mulai menumpahkan rambut mereka pada waktu yang sama. Karena peristiwa stres yang terjadi bulan lalu, kebanyakan orang tidak menghubungkannya dengan kehilangan rambut mereka. Ini adalah kondisi sementara, dan rambut baru mulai tumbuh dalam beberapa bulan. Stres juga bisa memicu rambut rontok genetik. Jika rambut anda rontok yang disebabkan oleh stress, rambut anda akan rontok  lebih cepat.
  • Protein yang memadai saat diet. Beberapa orang yang melakukan diet ketat rendah protein, atau memiliki kebiasaan makan yang sangat abnormal, bisa terjadi malnutrisi protein. Tubuh akan menghemat protein dengan menggeser rambut tumbuh ke dalam fase istirahat. Penumpahan rambut besar dapat terjadi dua sampai tiga bulan kemudian. Kondisi ini dapat dibalik dan dicegah dengan mengonsumsi jumlah yang protein tepat saat diet, menjaga asupan protein yang cukup.
  • Kekurangan zat besi. Kekurangan zat besi kadang-kadang menghasilkan rambut rontok. Kekurangan zat besi adalah umum untuk perempuan selama menstruasi dan kehamilan dan dapat dikoreksi melalui diet yang tepat atau suplemen zat besi.
  • Kehamilan dan persalinan. Rambut rontok yang terhubung dengan kehamilan biasanya terjadi setelah melahirkan. Ketika seorang wanita hamil, rambut nya tumbuh pada kecepatan yang sangat tinggi. Namun, setelah seorang wanita melahirkan bayinya, rambut banyak memasuki fase istirahat dari siklus rambut. Ini adalah proses alami dan terjadi  dalam banyak kasus.
  • Pil KB. Wanita yang rontok rambutnya saat mengkonsumsi pil KB biasanya memiliki kecenderungan untuk mewarisi rambut menipis (androgenik alopesia). Jika rambut menipis terjadi, seorang wanita dapat berkonsultasi ke dokter kandungannya tentang beralih ke pil KB. Jika seorang wanita memiliki riwayat kehilangan pola perempuan dalam keluarganya, dia harus memberitahu dokter sebelum mengkonsumsi pil tersebut.
  • Infeksi Kulit Kepala. Infeksi seperti kurap dapat menyerang rambut dan kulit dari kulit kepala Anda, yang menyebabkan rambut rontok. Setelah infeksinya sembuh, rambut umumnya bertumbuh kembali.
  • Penyakit tiroid. Tiroid yang terlalu aktif dan tiroid yang tidak terlalu aktif, dua duanya  dapat menyebabkan rambut rontok. Rambut rontok yang disebabkan penyakit tiroid dapat diatasi dengan perawatan yang tepat.
  • Rambut rontok sebagian (alopecia areata). Alopecia areata diklasifikasikan sebagai penyakit autoimun, tetapi penyebabnya tidak diketahui. Gangguan ini menyebabkan folikel rambut untuk berhenti memproduksi rambut. Sekitar 2% dari semua orang mengalami sebuah episode dari alopecia areata di beberapa titik dalam hidup mereka. Pada sebagian besar kasus kondisi ini sementara dan akan hilang dengan sendirinya dalam waktu 6-7 bulan, dan rambut akan tumbuh di kepala yang botak.
  • Rambut Terikat (traksi alopecia). Traksi alopecia adalah hilangnya rambut yang di ikat secara konstan, sering terjadi pada gaya rambut yang dikepang erat.
  • Perawatan rambut. Mengikat rambut  terlalu ketat dapat menyebabkan rambut anda rontok. Anda mungkin kehilangan rambut sekitar tepi garis rambut, terutama di sekitar wajah dan dahi. Menggunakan pengeriting rambut atau pewarna terus menerus juga dapat menyebabkan rambut rontok. Rambut biasanya tumbuh kembali ketika kegiatan ini dihentikan.
  • pengering Rambut dapat menyebabkan rambut rontok. Alasannya adalah bahwa panas yang ekstrim dapat merusak protein dalam rambut, membuat mereka rapuh dan cenderung pecah. Menyisir rambut selama pengeringan menyebabkan kerusakan yang lebih parah. Jika Anda menggunakan pengering rambut, itu harus ditetapkan pada pengaturan paling dingin. Rambut pewarna, perms dan hairsprays tidak mempengaruhi penipisan rambut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar